Tren e-Book di Era Digital

E-book Vs Buku Cetak, Mana yang Lebih Baik?

Kemajuan teknologi yang begitu pesat terbukti mampu menghadirkan beragam inovasi pada segala aspek kebutuhan hidup manusia. Teknologi datang dengan dampaknya yang memberi segala bentuk kemudahan dalam membantu manusia mengerjakan maupun menyelesaikan suatu pekerjaan. Hal ini pun terjadi pada teknologi dalam bidang informasi, yaitu e-book. E-book, yang merupakan singkatan dari electronic book, adalah buku yang berbentuk digital atau elektronik, yang terdiri dari teks dan gambar, dimana umumnya berisikan suatu informasi atau panduan/tutorial tertentu yang dapat dibaca di perangkat elektronik seperti komputer, tablet, dan smartphone. Kehadiran e-book bak memberikan angin segar bagi masyarakat dunia, khususnya mereka yang memiliki hobi membaca buku. Disamping itu, kepopuleran e-book mampu menggeser keberadaan buku cetak (printed book) yang telah ada sejak zaman dahulu, mengubah kultur tentang cara membaca, khususnya bagi generasi milenial yang sangat dinamis saat ini.

Sensasi membaca dengan menyentuh teknologi dan membaca dengan menyentuh kertas pastilah dua hal yang amat berbeda. Perbedaan itulah yang mengundang rasa penasaran bagi banyak orang untuk mencoba terobosan terbaru dalam membaca buku. E-book, yang sejak kemunculannya mengusung segi kepraktisan, memang langsung menjadi primadona bagi masyarakat masa kini, terlebih mereka yang juga mengikuti perkembangan teknologi. Beberapa kelebihan yang dimiliki e-book seperti lebih awet, lebih murah, serta ramah lingkungan, perlahan mampu mengubah gaya hidup masyarakat dunia akan kebiasaan membaca buku serta membuat mereka perlahan meninggalkan buku cetak.

Meskipun di awal kemunculan e-book sempat menggeser posisi buku cetak, tidak serta merta membuat buku cetak kehilangan tempat di hati para pembaca buku. Sebagian besar masyarakat masih menyukai cara membaca buku dengan menggunakan buku cetak dengan berbagai alasan. Menurut pandangan mereka, buku cetak tidak akan membuat mata cepat lelah meskipun dibaca dalam waktu yang lama. Hal ini berlawanan dengan e-book yang memancarkan cahaya selama digunakan dalam proses membaca. Disamping itu, sensasi penciuman dan sentuhan bagi mereka yang membaca buku cetak bisa menjadi keasyikan tersendiri.

Pada akhirnya, permasalahan selera dan kenyamananlah yang membuat masyarakat memilih tentang media baca yang mereka sukai. Bagaimana dengan sahabat pembaca? Apakah e-book dengan segala kelebihan yang dimilikinya lebih membuat Anda tertarik? atau Anda termasuk pembaca yang tetap mencintai buku dalam bentuk tercetak?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pratama Special Offer

Dapatkan diskon terbesar untuk semua buku-buku digital dari Pratama Indomitra Konsultan di sini.

Grab Your Copy Now

Diskon Hingga 50%