9 Fitur pada eBook yang Perlu Anda Ketahui

9 Fitur pada eBook yang Perlu Anda Ketahui

Fitur merupakan karakteristik khusus yang tersemat pada suatu alat elektronik, seperti televisi, ponsel, komputer, dan sebagainya. Keberadaan fitur sejatinya tidak hanya membuat alat elektronik menjadi lebih menarik dan memiliki nilai tambah, tetapi juga memberikan kemudahan bagi setiap penggunanya. Tidak mau kalah dengan komputer dan ponsel, penerbit buku elektronik (ebook) kini mulai memasukkan beragam fitur menawan guna menarik lebih banyak lagi pembaca ebook.

Fitur pada setiap ebook tidaklah sama dan tergantung pada penerbit yang mengeluarkannya. Beberapa ebook didistribusikan sebagai Web pages, dokumen berbentuk PDF, serta ada juga yang menggunakan Adobe Flash player. Banyak ebook menyertakan informasi bantuan dari penerbit yang menjelaskan cara menggunakan fitur yang tersedia pada ebook tersebut.

Bagi Anda yang menyukai ebook sebagai media baca, ada baiknya Anda mengetahui dan menguasai fitur-fitur yang terdapat pada ebook. Hal itu akan membuat Anda memaksimalkan fungsi-fungsi yang ada ketika Anda membaca ebook. Berikut adalah sepuluh fitur pada ebook yang perlu Anda ketahui:

  1. Table of Contents

Table of contents atau daftar isi adalah lembar halaman yang menjadi petunjuk pokok isi buku yang disertai nomor halaman. Daftar buku ibarat sebuah peta yang menunjukkan letak-letak bagian buku. Sama halnya dengan buku cetak atau buku konvensional, buku elektronik pun juga memiliki daftar isi. Hanya saja daftar isi pada ebook lebih praktis. Anda hanya cukup mengarahkan kursor dan mengklik pada bagian halaman yang ingin Anda tuju, ebook akan langsung menampilkan halaman tersebut.

  1. Search / Text Box

Search / Text Box, atau yang dalam istilah Indonesianya adalah kotak pencarian, merupakan salah satu fitur yang sangat penting pada ebook. Sebuah kotak pencarian pada ebook menjalankan prinsip kerja atau fungsi yang sama dengan Google. Fitur ini sangat memungkinkan pembaca atau pengguna dalam menemukan konten spesifik pada ebook. Mencari kata atau frasa yang spesifik sekalipun tidak membutuhkan waktu yang lama. Kemampuan inilah yang mutlak tidak dimiliki oleh buku cetak.

  1. Navigation

Navigation atau navigasi adalah salah satu fitur lainnya yang tertanam pada ebook. Cara kerja navigasi pada ebook sama seperti navigasi pada Microsoft Word, yaitu sebagai arahan atau petunjuk untuk memudahkan pencarian suatu bagian dari suatu lembar pada halaman tertentu.

  1. Bookmark

Dalam membaca ebook, terlebih yang memiliki jumlah halaman yang banyak, seringkali kita tidak bisa menyelesaikannya dalam satu waktu sekaligus. Kondisi tersebut menuntut kita untuk menandai batas halaman terakhir yang kita baca. Fitur bookmark yang terdapat pada ebook memungkinkan kita untuk menandai halaman baca terakhir tersebut.

  1. Highlight dan Note

Secara prinsip kerja dan fungsi, hampir sebagian besar fitur pada ebook sama seperti fitur pada Microsoft Word. Hal tersebut juga berlaku untuk fitur yang bernama highlight dan note. Fitur highlight berfungsi untuk memberikan warna pada latar belakang tulisan atau teks. Pada umumnya, pemberian highlight pada ebook adalah untuk menandakan suatu bagian yang penting. Sedangkan, fungsi note pada ebook memungkinkan pembaca atau pengguna ebook menuliskan catatan-catatan kecil untuk suatu tujuan tertentu.   

  1. Zoom In dan Zoom Out

Setiap orang memiliki batas kenyamanan tertentu mengenai ukuran font pada suatu bacaan. Ukuran font yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada pembaca ebook. Untuk hal tersebut, ebook telah melengkapi dirinya dengan fitur zoom in dan zoom out. Zoom in berperan untuk memperbesar tulisan atau gambar, sedangkan zoom out berguna untuk memperkecil tulisan atau gambar. Dilihat dari fungsinya, kedua fitur tersebut memungkinkan pembaca ebook untuk menyesuaikan ukuran font yang mereka sukai.

  1. Link

Beberapa ebook menampilkan link-link yang dapat diakses apabila kita mengkliknya. Link tersebut berguna untuk memberikan sejumlah informasi tertentu. Ada juga link yang dapat membuka media berupa video. Beberapa media tambahan tersebut bersifat interaktif.

  1. Print

Sesuai dengan namanya, print berfungsi untuk mencetak. Namun perlu diketahui bahwa sebagian besar ebook tidak dapat dicetak dengan mudah. Hal tersebut dikarenakan ebook telah diproteksi dari kemungkinan adanya kegiatan pencetakan atau penggandaan tanpa izin resmi dari pihak penerbit atau penulis/pengarang yang bersangkutan. Hal tersebut guna melindungi hak cipta.

  1. Glossary  

Fitur yang terakhir ini menjadi pelengkap kelebihan yang melekat pada ebook. Sama seperti glossary yang tercantum dalam buku cetak, fitur ini memuat daftar kata dengan penjelasannya dalam bidang tertentu. Hal tersebut memungkinkan setiap pembaca ebook menemukan istilah-istilah sulit yang mereka kurang pahami.

Demikianlah sembilan fitur yang tersemat pada ebook. Melihat banyaknya fitur luar biasa yang disuguhkan di atas, membuat kita semakin ingin mencoba kebolehan dari masing-masing fitur tersebut. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan informasi tambahan bagi Anda, khususnya bagi yang memilih ebook sebagai media baca yang setia dalam genggaman. Apabila Anda mengetahui fitur-fitur lainnya yang tertanam pada ebook, silahkan berikan ide Anda di kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pratama Special Offer

Dapatkan diskon terbesar untuk semua buku-buku digital dari Pratama Indomitra Konsultan di sini.

Grab Your Copy Now

Diskon Hingga 50%